Fungsi Utama Dalam Manajemen


Assalamualaikum....

Manajemen adalah sebuah proses, perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, dan pengontrolah sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.
  Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam Manajemen, antara lain :

1. Perencanaan (Planning)
proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

    Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
Ø      Menetapkan tujuan dan target bisnis
Ø      Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
Ø      Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
Ø      Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis

2. Pengorganisasian (Organizing)
proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain    dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi

   Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
Ø      Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
Ø      Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
Ø      Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
Ø      Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

3. Pemotivasian
proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses  memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran  dan produktifitas yang tinggi.

   Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
Ø      Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
Ø      Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
Ø      Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan


4. Pengawasan Atau Pengendalian
 proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,                       diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun  berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

    Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
Ø      Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
Ø      Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
Ø      Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.

Oke sekian artikel dari saya, mudah-mudahan bermanfaat :D


Post a Comment