Block Diagram Pada Algoritma Lucifer

Assalamulaikum,
Oke melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas Apa itu algoritma Lucifer , kali ini saya akan membahas block-block diagram yang digunakan pada algoritma lucifer, antara lain :

a.      Block Diagram Of CID (Current Injection Diagram) Logic



Lucifer yang menggunakan key dengan panjang 128 bit dan beroperasi pada 28 bit block juga menggunakan subkey pada setiap roundnya. Subkey untuk round pertama dibuat dari byte pertama key yang diulang dua kali kemudian diikuti dengan tujuh byte key berikutnya. Kemudian untuk mengenerate ubkey berikutnya, dapat dilakukan dengan memutar key yang ada ke kiri sebanyak tujuh byte.

b.            S-BOX Implementation


Untuk algoritma dari Lucifer sendiri atau FFunction dilakukan dengan melakukan XOR antara setengah bagian block sebelah kanan dengan delapan byte terakhir dari subkey yang digunakan pada round tersebut. Kemudian hasil dari XOR tersebut dimasukkan ke S-box dan diproses berdasarkan byte yang ada. Terakhir dilakukan permutasi pada 64 bit block yang dihasilkan.
Agar lebih jelas, mari kita lihat skema gambar pembagian S-BOX Permutationnya serta Fixed  Permutationnya sebaga berikut : 

c.      Key Byte Access Schedule

Key Byte Access Schedule adalah aturan penjadwalan pengaksesan kunci pada algoritma Lucifer, dimana panjang maksimal Message Byte adalah 8, dan C-I-D Round mempunyai kapasitas maksimal 16, serta Key Byte mempunyai kapasitas maksimal 15 yang terhitung mulai dari 0, berikut gambaran Key Byte Access Schedule ;

d.      Lucifer Ecription Computation


Untuk Feistel network yang dilakukan terdiri dari 16 round. Sehingga awalnya block akan dibagi dua menjadi rightblock dan leftblock. Kemudian leftblock dan subkey pada round itu akan dimasukkan ke F-Function, setelahnya di XOR kan dengan rightblock. Yang hasilnya menjadi setengah bagian block untuk round berikutnya. Setiap akhir round leftblock dan rightblock akan ditukar kecuali pada round terakhir. Setelah itu leftblock dan rightblock dikombinasikan untuk mendapatkan ciphertext yang diinginkan.

selanjutnya akan membahas cara kerja dari lagoritma Lucifer, dan terimakasih bagi para pengunjung blog ini, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang telah membacanya . Amiin ..

2 comments

Gan, boleh buatin ane satu contoh soal?? Ntr ane tf deh

Reply

Post a Comment